Selasa, 10 Maret 2009

Talk Show Jurnalisme Infotainment Comunication Freak UPN "Veteran" Yogya

Yogyakarta – Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN “Veteran” mengadakan acara Communication Freak yang diadakan tiap tahun berupa talkshow atau seminar. Salah satu acaranya adalah talkshow jurnalisme yang diadakan pada hari selasa (10/3) pukul 10.00 WIB dengan tema, Jurnalisme infotainment, "berita ataukah hiburan semata?”.


Talkshow jurnalisme yang diadakan di ruang seminar kampus UPN “Veteran” Babarsari ini menghadirkan pembicara, Prof. S. Djuarsa Sendjaja sebagai ketua KPI Pusat, Erika Andriarni sebagai ex.Pro Pelaksana Infotainment Silet di RCTI, dan Raldy Doy sebagai Corporate Communication TV One.


Talkshow yang diadakan tadi pagi ini mengupas tentang infotainment yang dilihat dari sisi baik dan buruk tayangan tersebut. Ada pro dan kontra dengan adanya jurnalisme program infotainment itu sendiri. “Berita yang mempunyai nilai taste yang tinggi, bukanlah berita yang sensasional. Melainkan berita yang rasional. Infotainment kebanyakan menayangkan berita yang sensasional dan mengandung unsur-unsur popularitas, konflik, sensasi, dan seks”, ujar Bp. Sasa Djuarsa, ketua KPI Pusat.


Namun menurut Erika Andriarni yang telah lama berkecimpung dalam dunia entertainment mengatakan, “infotainment itu tidak hanya mengangkat ranah private seseorang artis dan berita sensasional yang sering menjadi kontrofersi. Tetapi juga menyajikan sisi lain dari seorang artis tersebut. Seperti gaya hidup, keberhasilan, dan prestasi yang telah dicapai. Infotainment juga tidak mungkin menayangkan brita yang tidak komprehensif atau bisa disebut kabar burung”, tambahnya.


Talkshow ini memberikan pandangan pada para peserta, bahwa tayangan infotainment adalah tayangan yang tidak pantas untuk ditonton, namun infotainment merupakan tayangan yang tidak mungkin untuk ditiadakan karena ratingnya yang cukup tinggi. Sehingga faktor utama dari adanya tayangan infotainment adalah masyarakat. “Bagaimana infotainment tidak menjamur kalau kebiasaan masyarakatnya sendiri masih suka dengan acara yang berbau gossip tersebut” ujar ketua KPI, Bp. Sasa Djuarsa ditempat.


Dibenarkan oleh Raldy Doy, Corporate Communication TV One yang mengatakan, “berita dan komunikasi adalah kebutuhan. Sudah tugas media untuk menyampaikan kebenaran dalam berita. Dan beritapun kalau bisa berita yang berdampak positif bagi penikmat berita dan masyarakat”.


Nama : Nastiti Puspitaningtyas

Nim : 153070159

Tidak ada komentar:

Posting Komentar