Minggu, 22 Februari 2009

SEKITARAN KOTA BABARSARI


SEKITARAN KOTA BABARSARI

Yogyakarta- Keberadaan beberapa perguruan tinggi swasta di kawasan Babarsari nampaknya membawa dampak yang cukup positif bagi perekonomian masyarakat sekitar, seperti warga Tambak Bayan. Dengan lahan yang cukup kecil, mereka mulai membuka usaha kecil-kecilan yang kiranya mampu memberi pendapatan tambahan meskipun harus membuka usaha secara berdampingan dengan usaha yang sama.

Kawasan Babarsari, Yogyakarta memang merupakan salah satu centra pendidikan, di mana di kawasan ini terdapat beberapa peruruan tinggi swasta yang sudah memiliki nama yang cukup dikenal oleh masyarakat luas. Seperti Atma Jaya dan UPN Veteran, serta beberapa perguruan tinggi swasta lainnya. Dengan berubahnya kawasan Babarsari menjadi centra pendidikan, maka secara tak langsung kawasan yang menjadi centra pendidikan ini pun secara perlahan berubah menjadi kawasan yang sangat cocok untuk memulai suatu usaha. Apalagi mengingat, ratusan mahasiswa berdatangan setiap tahunnya dari berbagai wilayah di Indonesia untuk menimba ilmu dan menetap di kawasan Babarsari ini. Kawasan yang sangat empuk dijadikan sasaran untuk melakukan bisnis ini pun tak luput dari pandangan para pemodal. Bahkan kesempatan yang nyata-nyata ada di mata mereka pun langsung diambilnya dengan mencari bisnis apa yang paling tepat untuk dikembangkan di kawasan tersebut. Tentu saja, usaha tersebut merupakan usaha yang kiranya dapat mengembalikan modal mereka secepat mungkin dengan keuntungan yang tak mengecewakan. Namun, hal ini bukan berarti bahwa hanya para pemodal besar saja yang mau merogok kocek mereka untuk menanam modal di kawasan Babarsari ini, melainkan kesempatan ini pun dimanfaatkan oleh warga sekitar yang kiranya tahu bagaimana mengelola uang dan lahan yang mereka miliki sehingga dengan memulai usaha kecil, dengan demikian mereka pun mampu untuk memperoleh penghasilan tambahan meskipun hanya dari sebuah usaha kecil.
Berbagai jenis usaha pun mereka mulai, seperti rumah kost, warung makan, warung sembako, counter pulsa, wartel, warnet, rental computer, rental DVD, burjo, angkringan, laundry, dan masih banyak lagi usaha yang kiranya membawa keuntungan dan sanggup mengembalikan modal usaha mereka dalam waktu dekat. Menariknya, meskipun usaha-usaha kecil tersebut dibuka secara berdampingan namun kehidupan bermasyarakat warga sekitar tetap adem ayem saja dan tak berpikir bahwa di sana terdapat adanya suatu persaingan antar pengusaha.Memang tak dapat dipungkiri, seiring terjadinya perubahan jaman dan adanya perkembangan teknologi maka secara tak langsung pun, hal tersebut dapat mempengaruhi aspek kehidupan lainya seperti aspek bisnis.

Keberadaan beberapa perguruan tinggi swasta yang membawa dampak positif bagi perekonomian warga setempat ini, nampaknya sama sekali tidak membawa dampak negative dalam kehidupan bertetangga antar warga meskipun mereka melakoni usaha yang sama. Dapat dikatakan bahwa warga Tambak Bayan yang melakoni usah kecil-kecilan tersebut sama sekali tak peduli akan adanya persaingan yang ada di antara mereka.

Di sini, nampak sekali bahwa dengan berdirinya beberapa perguruan tinggi di kawasan Babarsari, masyarakat justru mendapatkan dampak postif terutama dari segi ekonomi. Karena dengan adanya perguruan tinggi di kawasan tempat tinggal mereka, kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi mereka pun terbuka begitu lebar. Tentu saja, kesempat ini hanya akan dimanfaatkan oleh orang yang tahu bagaimana untuk memutar uang dan bagaimana untuk mengelola usaha yang telah mereka tentukan. Kalau tidak, bukannya untung tapi malah buntung.

ADHITYA PANDU MURTI
153070228 / KELAS.A

1 komentar:

  1. Permisi gan pemilik blog izin bagi bagi info
    okeyprofits.com
    Lakukan modal penyertaan untung puluhan juta
    deposit 100 USD bonus 20 USD,1 USD x Rp.9.000,-
    keuntungan 2% persen perhari dari modal awal kontrak 100 hari
    untuk info lebih lanjut 0821 666 43133 M Rasyid
    Daftar Gratis

    BalasHapus