Senin, 16 Februari 2009

Pengertian Berita

Berita dapat diartikan sebagai fakta atau informasi yang ditulis oleh reporter atau wartawan dan dimuat di media massa baik itu cetak (koran,tabloid,majalah) maupun elektronik (radio,televisi,online).

Berita berasal dari bahsa sansekerta "Vrit" yang dalam bahasa Inggris disebut "Write" yang arti sebenarnya adalah "Ada" atau "Terjadi".Ada juga yang menyebut dengan "Vritta" artinya "kejadian" atau "Yang Telah Terjadi".Menurut kamus besar,berita berarti laporan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat,misalnya berita acara.

Macam-macam berita :
1.berita kriminal : berita atau laporan mengenai kejahatan yang diperoleh dari pihak kepolisian.
2.berita burung : berita yang belum jelas benar atau tidaknya
3.berita negara : berita resmi negara yang biasanya diterbitkan di pemerintahan,berisi pengumuman yang ditujukan kepada warganegara mengenai berlakunya undang-undang,keputusan presiden,peraturan pemerintah,atau produk legislatif lainnya.
4.berita sosial : berita yang menyangkut kegiatan kehidupan sosial,hubungan antar manusia,kegiatan kemanusiaan,kegiatan yang menyangkut kepentingan kehidupan manusia.
5.berita olahraga : berita atau laporan tentang kegiatan olahraga,pertandingan olahraga,pembinaan olahraga,dan kegiatan yang menyangkut kesehatan kebugaran jasmani.

Mencari berita (news gathering) merupakan tugas penting seorang reporter atau wartawan.Kegiatan itu pada prinsipnya dapat dilaksanakan setiap waktu,tergantung dari kehendak atau waktu yang disediakan oleh wartawan itu sendiri.

Mencari berita tersebut dapat diperoleh dengan cara sebagai berikut :
1.sistem beat
2.sistem meneruskan (follow up)
3.sistem penugasan
4.sistem tip
5.sistem wawancara (interview)
6.sistem menciptakan sendiri (inventing)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar